Download Film, MP3, Sofware, Ebook, Gratis, Cerita Lucu,/h1>

SELAMAT DATANG DI BLOG SEDERHANA INI. BLOG INI TEMPAT CURHAT YANG KREATIF, IMAJINATIF, SEKALIGUS INOVATIF. FUNGSINYA BISA MACAM-MACAM. TERUTAMA SEKALI ADALAH SEBAGAI MEDIA UNTUK BELAJAR. BELAJAR MENULIS, BELAJAR UNTUK PEKA. PEKA PADA DIRI DAN SEKITAR KITA. PUNYA KRITIK DAN SARAN, SILAKAN KIRIM VIA EMAIL KE: banggaheriyanto@gmail.com

Wednesday 13 June 2012

Perekrutan Karyawan

Banyak pakar bisnis yang menyebutkan bahwa dinamika sebuah perusahaan bergantung pada tiga hal: leadership, manajemen, dan sumber daya manusia (SDM). Dari ketiga hal itu, walaupun disebutkan terakhir, yang tak kalah pentingnya adalah kualitas SDM. Karena, betapapun kuatnya leadership, betapapun canggihnya manajemen, jika tidak didukung dan dijalankan oleh SDM-SDM yang ‘berkesadaran untuk maju’ maka semuanya hanya akan menjadi cerita indah di atas kertas.

SDM yang ‘berkesadaran untuk maju’ adalah mereka yang secara individu memahami bahwa ia harus mengoptimalkan semua potensi yang melekat pada dirinya, mengembangkan potensi itu, dan pada akhirnya, menjadi pribadi yang tak pernah mengenal kata ‘tidak’ dan ‘cukup’ untuk belajar, untuk bertransformasi. Mereka juga adalah yang secara sosial memahami peran sebagai bagian dari organisasi Perusahaan, yang karena itu memiliki peran dan tanggung jawab untuk bersinergi dengan individu-individu lain di dalam maupun di luar organisasi.

Tidak mudah mendapatkan SDM dengan spesifikasi ‘berkesadaran untuk maju’. Selain karena hal tersebut memerlukan waktu yang cukup lama, juga karena secara pragmatif Perusahaan memiliki standar tertentu mengenai skill dan kepintaran akademis tiap-tiap individu. Maka kemudian diperlukan sebuah proses perekrutan SDM dengan metodologi tertentu, yang diharapkan dalam waktu tidak terlalu lama mampu menyediakan SDM-SDM dengan spesifikasi yang telah ditentukan oleh perusahaan. (*)

0 comments :

Post a Comment