Download Film, MP3, Sofware, Ebook, Gratis, Cerita Lucu,/h1>

SELAMAT DATANG DI BLOG SEDERHANA INI. BLOG INI TEMPAT CURHAT YANG KREATIF, IMAJINATIF, SEKALIGUS INOVATIF. FUNGSINYA BISA MACAM-MACAM. TERUTAMA SEKALI ADALAH SEBAGAI MEDIA UNTUK BELAJAR. BELAJAR MENULIS, BELAJAR UNTUK PEKA. PEKA PADA DIRI DAN SEKITAR KITA. PUNYA KRITIK DAN SARAN, SILAKAN KIRIM VIA EMAIL KE: banggaheriyanto@gmail.com

Wednesday 13 June 2012

Fungsi dan Peran General Affairs dalam Perusahaan


Dalam sebuah perusahaan dengan sistem manajemen yang modern, terbuka, dan efisien ada satu divisi yang memiliki peran penting, yaitu Divisi General Affairs (GA), atau kita lebih mengenalnya dengan ‘bagian umum’. Divisi ini penting karena lingkup kerjanya adalah men-support kebutuhan dasar tempat kerja, manajemen gedung, perawatan dan penyediaan fasilitasnya.

Sesuai dengan namanya, Divisi GA merupakan supporting unit yang bertujuan memberikan pelayanan-pelayanan kepada unit-unit kerja lain di perusahaan. Bahkan pada umumnya, GA melayani seluruh unit kerja di perusahaan (karena lingkup kerja GA bersifat shared service) dalam hal administrasi dan pengelolaan pelayanan rutin kantor.

Peran General Affairs (GA) dalam suatu organisasi sering disepelekan. Padahal, kelancaran operasional sehari-hari suatu perusahaan ditentukan oleh Departemen ini karena fungsinya—juga lingkup kerja utamanya—yang memberikan dukungan pelayanan kepada fungsi-fungsi di dalam perusahaan, yakni memberikan pelayanan umum sesuai dengan kebijakan perusahaan.

Umumnya, Departemen GA berada di bawah Divisi Corporate Support yang bertanggung jawab atas kelancaran operasional perusahaan sehari-hari. Contoh sederhana dari fungsi GA adalah penerimaan tamu, surat-menyurat, transportasi, perijinan, perawatan gedung, penyediaan sarana dan prasarana operasional, dan lain lain. (*)

0 comments :

Post a Comment