Download Film, MP3, Sofware, Ebook, Gratis, Cerita Lucu,/h1>

SELAMAT DATANG DI BLOG SEDERHANA INI. BLOG INI TEMPAT CURHAT YANG KREATIF, IMAJINATIF, SEKALIGUS INOVATIF. FUNGSINYA BISA MACAM-MACAM. TERUTAMA SEKALI ADALAH SEBAGAI MEDIA UNTUK BELAJAR. BELAJAR MENULIS, BELAJAR UNTUK PEKA. PEKA PADA DIRI DAN SEKITAR KITA. PUNYA KRITIK DAN SARAN, SILAKAN KIRIM VIA EMAIL KE: banggaheriyanto@gmail.com

Wednesday 13 June 2012

SPAM

SPAM atau yang biasa disebut juga dengan junk mail, adalah email yang tidak diinginkan oleh pengguna fasilitas komputer dalam bentuk surat elektronik (email), Instant Messaging, Usenet, newsgroup, blog, dan lain-lain. SPAM tidak diinginkan oleh pengguna komputer karena SPAM biasanya berisi iklan dari perusahaan yang mengakibatkan ketidaknyamanan bagi para pengguna web. Biasanya, SPAM akan dirasa mengganggu apabila jumlah email atau lainnya dikirim dalam jumlah yang banyak atau besar.

Pada banyak kasus, spam sungguh sangat mengganggu orang atau pihak yang menjadi sasaran. Ini misalnya dapat dilihat dari kasus spam yang disisipi oleh virus-virus yang mengganggu program komputer, bahkan merusak sistem secara masif. Sederhananya, beberapa dampak buruk dari spam antara lain, waktu terbuang untuk menghapus berita-berita yang tidak kita inginkan, memenuhi hard disk dan berakibat mail server tidak dapat menerima email lainnya, menghabiskan pulsa telepon (dial-up), bandwidth dan mengganggu layanan lainnya yang lebih penting, dan kemungkinan adanya virus atau trojan yang menyusup di dalam SPAM.

Cara Kerja SPAM
Penyebar SPAM biasanya juga menggunakan mail server orang lain (relay), juga alamat email orang lain. Artinya, si pemilik akun tidak tahu dan tidak pernah mengirimkan email SPAM. Mengirim email menggunakan alamat email seperti di atas sangat dimungkinkan karena protokol SMTP (Simple Mail Transfer Protocol) yang digunakan dalam pertukaran email tidak pernah melakukan proses verifikasi alamat email dengan alamat IP-nya. Artinya, orang bebas mengirim email dari manapun (dari alamat IP apapun) dengan menggunakan alamat email siapapun.

Penanggulangan SPAM Pada dasarnya SPAM tidak dapat kita hapus, tetapi ada beberapa cara yang dapat mengatasi masuknya SPAM. Sampai saat ini, belum ada satupun cara untuk menghilangkan SPAM, yang ada adalah mengurangi SPAM. Cara yang banyak digunakan saat ini adalah melakukan secara otomatis proses pemilahan antara email SPAM dan yang bukan SPAM dengan menerapkan teknologi filter.

Beberapa tips yang dapat membantu mengurangi SPAM:
Jika mungkin, gunakan email lain (selain email untuk bisnis) sewaktu berkorespondensi untuk hal-hal di luar bisnis, misalnya mailing list. Banyak penyebar SPAM yang menggunakan alamat dari mailing list untuk melancarkan aksinya.

Aktifkan anti-virus dan personal Firewall pada PC. Kebanyakan SPAM pada saat ini mengandung virus atau Trojan yang dapat menggangu sistem pada PC dan jaringan. Biasanya, program Trojan tadi digunakan untuk menyebarkan email SPAM ke alamat lain yang tercantum pada address book.

Aktifkan anti-relay atau non aktifkan relay sistem pada server email. Cara ini untuk memastikan bahwa email server kita tidak dijadikan sasaran untuk tempat transit email SPAM.

Gunakan fitur dalam program email yang dapat mengelompokkan email. Program email seperti Microsoft Outlook dan Mozilla Thunderbird dapat mengelompokkan email berdasarkan “rule” yang kita definisikan; dari internal, dari rekanan dan sebagainya. Dengan pengelompokan ini, walau tidak mengurangi SPAM, kita dapat melakukan prioritas dalam membaca email, dan email yang penting tidak tercampur dengan SPAM email dan dapat berakibat email penting tidak terbaca karena tertimbun oleh puluhan/ratusan email SPAM. (*)



0 comments :

Post a Comment