Download Film, MP3, Sofware, Ebook, Gratis, Cerita Lucu,/h1>

SELAMAT DATANG DI BLOG SEDERHANA INI. BLOG INI TEMPAT CURHAT YANG KREATIF, IMAJINATIF, SEKALIGUS INOVATIF. FUNGSINYA BISA MACAM-MACAM. TERUTAMA SEKALI ADALAH SEBAGAI MEDIA UNTUK BELAJAR. BELAJAR MENULIS, BELAJAR UNTUK PEKA. PEKA PADA DIRI DAN SEKITAR KITA. PUNYA KRITIK DAN SARAN, SILAKAN KIRIM VIA EMAIL KE: banggaheriyanto@gmail.com

Wednesday 13 June 2012

Antivirus

Apa yang dimaksud dengan virus (komputer)? Virus adalah sepotong kode program komputer yang dirancang untuk melakukan suatu fungsi atau perintah melakukan sesuatu. Perintah macam apakah itu? Salah satu contoh perintah juga dapat berupa suatu instruksi untuk menghapus seluruh data dalam hard disk. Perintah yang sangat merusak.

Pada umumnya, virus menyebar melalui beberapa cara: media removable (flash disk), download aplikasi atau program dari internet, dan juga dari lampiran pada email (attachment). Untuk menyebar, virus harus diaktifkan terlebih dahulu; program atau file (dalam bentuk attachment) yang berisi virus tersebut harus terlebih dahulu dibuka. Setelah dibuka, maka virus akan melakukan sesuatu tergantung dari perintah di dalamnya. Tingkat penyebaran virus juga bergerak secara ekponensial dan replikasi, yaitu 1 menyebar ke 2, 4, 8, 16, 32, begitu seterusnya.

Dengan adanya internet, ancaman dan kecepatan penyebaran virus saat ini juga sangat jauh berbeda dibanding di masa lalu. Pada tahun 1995, segala sesuatunya berubah sejak munculnya virus macro pertama. Virus macro dapat “menumpangi” pesan email yang dikirimkan oleh user yang terinfeksi dalam bentuk lampiran.

Berikut adalah 10 tips menghindari virus:
1.       Gunakan program antivirus dan pastikan selalu up-to-date.
2.       SCAN attachment email dari orang yang dikenal.
3.       Jangan membuka attachment dari email dari orang yang tidak dikenal.
4.       SCAN sebelum forward attachment kepada orang lain (pencegahan).
5.       Hindari download program dari internet—sumber penyebaran virus.
6.       Lakukan scan hard disk secara rutin.
7.       Virus tidak dapat menyebar melalui text file.
8.       Write-protect flash disk (USB drive).
9.       Jangan membeli program dari sumber yang tidak jelas.
10.   Backup data secara rutin—sedia payung sebelum hujan.

0 comments :

Post a Comment