Download Film, MP3, Sofware, Ebook, Gratis, Cerita Lucu,/h1>

SELAMAT DATANG DI BLOG SEDERHANA INI. BLOG INI TEMPAT CURHAT YANG KREATIF, IMAJINATIF, SEKALIGUS INOVATIF. FUNGSINYA BISA MACAM-MACAM. TERUTAMA SEKALI ADALAH SEBAGAI MEDIA UNTUK BELAJAR. BELAJAR MENULIS, BELAJAR UNTUK PEKA. PEKA PADA DIRI DAN SEKITAR KITA. PUNYA KRITIK DAN SARAN, SILAKAN KIRIM VIA EMAIL KE: banggaheriyanto@gmail.com

Wednesday 13 June 2012

Pentingnya Memback-up Data

Dalam banyak hal, ketersediaan dan jaminan keamanan data merupakan perkara vital. Sebagai ilustrasi, misalnya, seorang tenaga pemasar (salesman) komponen komputer (PC) mesti memahami jenis dan spesifikasi chip prosesor, harddisk, memory chip, soundcard, dan harus tahu software apa saja yang cocok atau tidak cocok dengan komponen-komponen tadi. Pengetahuan itu bisa ia dapatkan melalui berbagai cara, seperti membaca buku manual, modul, tanya sana-sini, atau melakukan studi referensi.

Sumber pengetahuan salesman tadi bisa saja tersimpan secara apik dalam memori otaknya. Namun, di era digital seperti sekarang ini lebih baik menyerahkan tugas tersebut kepada sejumlah alat yang memang diciptakan untuk penyimpanan data. Yang paling sederhana, misalnya, data dapat disimpan di dalam harddisk PC atau laptop. Namun demikian, menyimpan data di dalam harddisk juga tidak selamanya aman. Pada kondisi tertentu malah rentan.

Bagaimana bila PC atau laptop kena virus yang mewajibkan proses re-install sistem operasi di mana proses tersebut akan menghapus semua data yang tersimpan? Bagaimana bila laptop dicuri orang, atau rusak permanen? Di sinilah letak pentingnya backup data.

Backup data dapat kita definisikan dengan aktivitas membuat salinan (copy) atau memindahkan data-data yang kita miliki ke tempat atau lokasi lain yang lebih aman. Tempat atau lokasi lain itu dapat berbentuk alat atau media lain. Misalnya, mem-backup data dari harddisk ke beberapa media penyimpanan lain, seperti flashdisk, keping CD/DVD, jasa hostfile, atau ke harddisk eksternal. Atau sebaliknya, memindahkan data dari media-media alternatif tadi ke sebuah harddisk atau pusat penyimpanan data lain yang dianggap lebih aman dan lebih terstruktur. Namun, jika kita bekerja di sebuah perusahaan dengan dukungan teknologi yang memadai, maka sebaiknya memanfaatkan media penyimpanan data yang disediakan oleh server perusahaan.

Aktivitas mem-backup data sebaiknya dilakukan secara rutin, misalnya satu minggu sekali atau satu bulan sekali. Atau dilakukan berdasarkan kondisi tertentu, misalnya, ketika dirasa data yang ada sudah terlalu banyak, baik kuantitas datanya maupun kuantitas klasiifikasi data itu sendiri yang memerlukan pengaturan (data management )secara lebih khusus. Namun, ada kalanya karena kesibukan dan hal lain, aktivitas mem-backup data seringkali terabaikan. User seringkali alpa untuk mem-backup data pada jadwal-jadwal yang reguler. Untuk kasus ini, hadirnya software atau program khusus yang dapat mengerjakan backup data secara otomatis amat diperlukan.

Salah satunya adalah dengan menggunakan software Atempo Live Backup dari Atempo, anak perusahaan dari ASG (Applied Sciences Group), sebuah grup perusahaan yang bergerak di bidang teknologi terapan. Atempo didirikan sejak tahun 1992 yang memiliki fokus bisnis pada pengembangan aplikasi untuk melindungi, mengatur, mengarsip, dan me-recovery informasi (data) digital secara lebih efektif dan sederhana. Atempo memiliki beberapa partner teknologi, seperti Microsoft, IBM, Intel, HP, Lenovo, dan Oracle.

0 comments :

Post a Comment