Download Film, MP3, Sofware, Ebook, Gratis, Cerita Lucu,/h1>

SELAMAT DATANG DI BLOG SEDERHANA INI. BLOG INI TEMPAT CURHAT YANG KREATIF, IMAJINATIF, SEKALIGUS INOVATIF. FUNGSINYA BISA MACAM-MACAM. TERUTAMA SEKALI ADALAH SEBAGAI MEDIA UNTUK BELAJAR. BELAJAR MENULIS, BELAJAR UNTUK PEKA. PEKA PADA DIRI DAN SEKITAR KITA. PUNYA KRITIK DAN SARAN, SILAKAN KIRIM VIA EMAIL KE: banggaheriyanto@gmail.com

Monday 26 May 2014

Siaran TV Berbayar dan Eksklusivitas Pengetahuan

Pengetahuan (knowledge) ibarat sebuah anak kunci yang membuka pintu pemahaman manusia terhadap banyak hal dalam kehidupan. Dari generasi ke generasi pengetahuan disampaikan melalui berbagai macam media.


Salah satu media itu di era ini adalah melalui siaran TV berbayar. Jika TV gratisan menyediakan siaran banyak hal yang juga dapat menambah pengetahuan, maka TV berbayar menyediakan informasi yang membuat pengetahuan kita sedikit lebih eksklusif.

Lantas, apa manfaat pengetahuan eksklusif itu? Apakah dapat membuat kita lebih pintar dari orang lain yang tidak memiliki akses TV berbayar? Atau sebaliknya, membuat rasa ingin tahu (curiosity) kita perlahan menjadi tumpul karena semua informasi telah tersedia?

Dalam dunia bisnis, eksklusivitas artinya peluang usaha. Sementara dalam ilmu komunikasi massa, eksklusivitas bermakna kesempatan untuk menerapkan teori Agenda Setting yang diperkenalkan oleh McCombs dan DL Shaw pada 1972. Jika pengertian dari dua dunia itu digabungkan, maka berlakulah idiom "siapa menguasai informasi, ia akan menggenggam dunia".

Bagaimana dengan pemirsa (viewers) TV berbayar? Apakah juga berlaku asumsi di atas? Bisa ya, bisa tidak. Tergantung si pemirsa sendiri. Apakah ia memilih tetap menjadi pemirsa saja, atau ia akan aktif, dalam arti memanfaatkan pengetahuan eksklusivitas pengetahuan yang ia miliki menjadi bentuk yang berbeda guna menghasilkan profit-profit tertentu?

Berdasarkan data BPS, dari 240 juta penduduk Indonesia, ada 40 juta rumah tangga yang memiliki televisi. Dari angka 40 juta itu, sampai April 2014 hanya 8 persen (3 juta) yang berlangganan pay TV. Angka yang masih minim, tetapi juga berarti potensi pasar yang besar. Artinya, eksklusivitas merupakan kata kunci yang penting di industri siaran TV berbayar kita, juga industri media pada umumnya. (BHY)

0 comments :

Post a Comment